Winston Churchill seorang yang paling berpengaruh, ketika akan berpidato di acara wisuda Universitas Oxford, Amerika, menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk mempersiapkan pidatonya. Pada saat dia tampil berpidato dihadapan para calon wisudawan di Universitas Oxford, dimana semua hadirin sudah menunggu dengan sangatb antusias, dia hanya mengucapkan tiga kata : ‘never give up’ (jangan pernah menyerah.

Seorang penulis Norman Vincent Peale, dikenal sebagai pakar penulis dan pembicara pemikiran positive dan pengaruhnya yang banyak menginspirasi para penulis setelahnya menuliskan "Tidak seorang manusiapun yang bisa menjadi kuat lahir dan batinnya, tanpa mengalami perjuangan terlebih dahulu, tanpa dirinya terbenam terlebih dahulu dalam usaha dan ikhtiar melawan kesulitan hidup"
Hidup adalah perjuangan, seorang pejuang adalah seorang yang kesatria, pantang menyerah tetapi akan tetap berjuang sampai titik darah penghabisan, dengan arti pantang menyerah

Pagi ini saya membaca "the Jakarta Post", cerita mengenai seorang yang memmiliki keterbatasan fisik, bernama Stevie Wonder. Siapa yang tidak mengenal Stevie Wonder, seorang penyanyi legendaris dimana lagu0lagu yang dibawakannya selalu mendapat tempat di telinga para pendengarnya. Dia dilahirkan buta sejak lahir. Tetapi didalam keterbatasan fisiknya dia mulai dengan tekun belajar bermain harmonica, piano dan bermain drum sejak usia 9 tahun. Sudah merekam 32 album dan memenangkan 25 kali Grammy Awards dan lebih dari 100 juta album rekamannya terjual di berbagai negara

Lagu-lagu hits yang dibawakan oleh Stevie Wonder, tetap menjadi lagu yang digemari dari zaman ke zaman seperti "I Just Called to Say I Love You", "Lately" dan "We Are the World", memberikan banyak kontribusi pada dunia, sehingga PBB mengangap dia sebagai seorang "Duta Perdamaian", figur yang sangat inspiratif walaupun memiliki keterbatasan fisik telah menjadi seseorang yang dikagumi oleh jutaan orang dan telah memberikan kontribusi kepada jutaan umat manusia.

Ternyata didalam kehidupan kita perlu belajar bagaimana cara bersyukur serta mengembangkan berbagai potensi yang kita miliki merupakan pemberianNya. Jangan pernah berpangku tangan terhadap sebuah kondisi. Berpangku tangan tindakan mengubur potensi dan kekuatan yang ada dalam diri. Tidak ada kekuatan yang lahir dari dorongan orang lain selama kita tidak membuka kesempatan. Anda adalah penentu masa depan anda dibarengi dengan atas segala pertolonganNya

Tahukan anda, Besi dapat menjadi sebuah pisau setelah ditempa palu besar berulang-ulang, dan dibakar di api panas ratusan derajat celsius. Pohon beringin besar yang berumur ratusan tahun, berhasil melewati ribuan angin ribut, jutaan hujan, dan berbagai godaan yang meruntuhkan.

Apa yang menjadi pelajaran di balik hal diatas? Ternyata, sikap ulet untuk tidak pernah berhenti, sering bersembunyi banyak kesempurnaan hidup. Mirip dengan air yang menetesi batu yang sama berulang-ulang, hanya karena sikap tidak pernah berhentilah yang membuat batu berlobang.

Sebagaimana seorang pendaki yang tidak akan pernah berhenti sebelum mencapai puncak, sebagaimana pembalap yang selalu ingin mencapai garis finis maka jangan pernah berhenti sebelum mencapai apa yang menjadi harapan dan cita-cita Anda.

Dalam kekurangan Stevie Wonder, akhirnya saya mendapat pelajaran sangat berharga pagi ini, lahir untuk tidak menyerah pada hidup. Kekurangan adalah suatu fakta yang harus diterima. Tapi bukan syarat untuk menyerah.
Saya malu pada pada diri sendiri, yang dilahirkan dalam kesempurnaan apakah masih pantas untuk menyerah dan kalah? Hidup adalah perjuangan. Hidup adalah membuat karya. Orang yang terbaik adalah mereka yang mampu keluar dari ujian hidup. Orang yang tak kalah dan menyerah pada keadaan, karena selalu ada penolong setia yang selalu siap sedia menolong setiap saat.
"Segala sesuatu dapat ku tanggung di dalam dia yang memberi kekuatan"!

Pagi ini, aku mendapat pelajaran penting. Bahwa hidup adalah perjuangan jangan pernah menyerah pada keadaan dan jangan menjadi beban bagi masyarakat