Beberapa contoh sederhana afirmasi positif (pikiran) yang dapat Anda buat tentang diri sendiri, orang lain, situasi kehidupan nyata dan masa depan, yang akan membantu Anda untuk menjadi pemikir yang positif.

Afirmasi Diri:
- Aku suka diriku sendiri
- Aku menerima kelemahan
- Aku mengerti diriku sendiri
- Aku punya keterampilan khusus dan kualitas
- Aku menghargai diriku sendiri
- Aku percaya pada diriku sendiri
- Aku dicintai

Afirmasi Lain:
- Saya menerima orang lain sebagaimana mereka ada
- Saya akan mencari yang terbaik dalam diri orang lain
- Pasti selalu ada sesuatu yang baik dalam setiap orang yang saya temui
- Aku menghargai orang lain.

Sebuah situasi kehidupan nyata:
- Saya mampu menangani situasi
- Saya memiliki semua yang saya butuhkan
- Saya adalah seorang yang beruntung
- Dalam kehidupan selalu ada sisi terang atau gelap, tetapi segala sesuatu tidak akan berlangsung selamanya

Masa depan:
- Saya berharap untuk setiap hari
- Saya percaya bahwa setiap situasi sulit adalah kesempatan/tantangan yang menyamar
- Saya percaya bahwa setiap hari membawa sesuatu yang baru dan indah sesuatu hal untuk dipelajari.
- Saya percaya bahwa hidup adalah sebuah perjalanan, perlu untuk dinikmati dan dijalani