Tenzing Norgay adalah seorang penduduk asli Nepal bertugas sebagai pemandu jalan atau sherpa, serta membantu Sir Edmund Hillary untuk mencapai impiannya mendaki puncak gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest di daerah Himalaya. Tidak banyak yang mengetahui dan mencatat siapa sebenarnya pria sederhana dan berhati mulia di balik kebesaran nama Sir Edmund Hillary, tetapi teladan dan tindakannya banyak sekali menjadi inspirasi bagi semua orang sepanjang masa.

Nama Gunung Everest sangat identik dengan nama Sir Edmund Percival Hillary, seorang pria berkebangsaan New Zealand, dimana pada usianya yang ke 33 pada tanggal 9 May 1953 pada jam 11, menjadi pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung dengan ketinggian 8,848 m atau 29,029 feet, diatas permukaan laut.

Keberhasilan yang diraih Sir Edmund Hillary pada saat itu sangat fenomenal mengingat baru saja berakhir perang dunia ke dua. Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II, yang baru saja dilantik pada saat itu menganugerahi Sir Edmund Hillary menjadi orang yang paling dikenal di dunia, mengapa hal ini dilakukan? Semua hal ini dilakukan agar menjadi semacam inspirator untuk meningkatkan kembali kepercayaan diri bagi seluruh dunia.
Atas keberhasilan yang dicatat oleh Sir Edmund Percival Hillary, memberi banyak inspirasi bagi pendaki-pendaki gunung berikutnya untuk mengikuti prestasi yang pernah dilakukan, menaklukkan puncak gunung tertinggi tersebut.

Terinpirasi oleh prestasi yang pernah dibuat dan dicatat oleh Sir Edmund Hillary maka ada tujuh tim ekspedisi lainnya yang telah berusaha untuk menaklukkan puncak gunung Everest antara tahun 1920 sampai 1952, tetapi ketujuh tim ekspedisi tersebut semua mengalami kegagalan dalam pendakian menuju puncak gunung tertinggi di dunia tersebut.

Semua orang mulai bertanya-tanya, apa gerangan kiat keberhasilan untuk mencapai puncak gunung Everest. Setelah beberapa saat, akhirnya seseorang mendapatkan jawaban. Ternyata ada seorang sherpa, yang bertugas sebagai pemandu jalan. Seorang sherpa, penduduk asli Nepal yang berada di balik keberhasilan Sir Edmund Hillarry. Keberhasilan dan nama besar yang disandang serta diraih oleh Sir Edmund Hillary ada seorang bernama Tenzing Norgay yang memiliki peranan sangat penting atas keberhasilnnya. Dialah seorang pemandu jalan serta membantu mengantarkan Sir Edmund Hillary untuk meraih impiannya mencapai puncak gunung Everest.

Mengapa Tenzing Norgay, tidak terkenal, dan tidak mendapatkan seperti yang didapat oleh Sir Edmund Hillary? Padahal ia adalah aeorang pemandu yang membantu dan mengantarkan Sir Edmund Hillary. Seharusnya bisa saja namanya menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki pertamanya di puncak gunung Everest, bukan Sir Edmund Hillary. Tetapi tidak dia lakukan. Mengapa?

Sesaat setelah Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay kembali dari puncak gunung Everest, semua reporter mengejar dan berusaha berebut untuk mewawancarai Sir Edmund Hillary, dan hanya satu reporter yang mewawancarai Tenzing Norgay.

Berikut petikan dari wawancaranya:

Reporter : "Bagaimana perasaan dengan keberhasilan menaklukkan puncak gunung Everest"

Tenzing Norgay: " Sangat senang sekali"

Reporter : "Anda kan seorang Sherpa (pemandu) bagi Edmund Hillary, tentu saja posisi anda berada di depannya, bukankah seharusnya anda menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak gunung Everest?"

Tenzing Norgay : " Ya, benar. Pada saat tinggal selangkah lagi, saya mempersilakah dia untuk menjejakkan kakinya, dan menjadi orang pertama pendaki gunung Everest."

Reporter: " Mengapa anda melakukannya"

Tenzing Norgay : "Karena itu adalah impiannya, bukan impian saya. Impian saya hanyalah berhasil mengantar dan membantunya mengapai impiannya"

Seorang sherpa berhati mulia, berasal dari Nepal bernama Tenzing Norgay, menjadi inspirator sepanjang masa "mau melakukan sesuatu tanpa mengharapkan sesuatu". Melakukan sesuatu dengan senang dan tulis hati tanpa mengharap imbalan. Membantu seseorang untuk mencapai keberhasilan impiannya tanpa memikirkan dirinya sendiri.

Amsal 3: 27 "Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya"

BACA ARTIKEL LAINNYA: