"Mengucap syukurlah dalam segala hal......."1 Tesalonika 5 :18
“Kekayaan adalah kemampuan untuk merasakan dengan sungguh-sungguh
kehidupan yang kita jalani.”
Henry David Thoreau

Henry David Thoreau, seorang penulis berasal dari Amerika 12 July 1817 – 6 May 1862,
penulis yang banyak menginspirasi orang-orang ternama seperti Mahatma Gandhi, Mathin Luther Jr, mengutip tulisannya pada saat kampanye politiknya untuk Partai Buruh di Inggris, ataupun mantan presiden Amerika Serikat ke -35 John F.Kennedy, dll sebagainya.
Didalam salah satu tulisannya yang sangat menginspirasi terutama di negara-negara berkembang mengatakan bahwa kekayaan adalah kemampuan merasakan dengan sungguh-sungguh kehidupan yang dijalani. Sangat luar biasa. Apakah benar, seseorang yang tidak memiliki pekerjaan, dan perekonomian yang pas-pasan dapat merasakan kekayaan? Penulis yang tidak kenal lelah dalam menulis akhirnya benar-benar tulisannya sungguh dapat menginspirasi banyak orang.

Pada saatHenry David Thoreau, menuliskan tulisan ini, Amerika Serikat saat itu belum sekaya sekarang, krisis perekonomian secara global pernah terjadi terutama setelah perang dunia ke-2. Akibat perang tersebut banyak orang menderita, menderita secara ekonomi maupun secara psikologis. Tetapi, dia katakan bukan uang atau harta yang yang banyak membuat seseorang itu kaya, tetapi kemampuan merasakannya, kemampuan memaknai kehidupan.
Mengapa? Karena banyak sekali orang kaya, tetapi dia tidak merasakan kekayaannya, tetapi merasa selalu kurang dan kurang, selalu ingin makin kaya dan makin kaya.

Resesi ekonomi secara global terjadi, dimana kondisi perekonomian sedang mengalami resesi dan menimpa seluruh bangsa di dunia, penting sekali diingat bahwa kita sebetulnya memiliki kekayaan yang seringkali tidak kita sadari. Kekayaan banyak ditafsirkan orang sebagai hal-hal yang berhubungan dengan materialisme atau kemewahan. Padahal definisi tersebut masih terlalu dangkal. Tanpa kita sadari kita adalah salah satu dari orang-orang kaya di dunia ini.
Koq bisa? Oh, iya, saya dan anda adalah salah seorang dari orang-orang kaya yang berada di muka bumi ini. Tidak percaya?

Tolong pikirkan dan hayati beberapa daftar survei yang dilakukan oleh Philip M. Hartner dari fakultas kedokteran Stanford University Amerika, bawah ini. Jawablah didalam hati, apakah anda adalah salah satu dari orang-orang kaya di muka bumi ini:

1. Pernahkah Anda, pada saat hendak berangkat tidur pada malam hari dengan perut kosong dan kelaparan karena tidak ada makanan?
Percaya atau tidak, ada 50%* orang di muka bumi ini masih menderita kekurangan gizi, mereka berjuang setiap hari hanya untuk mendapatkan sepiring makanan.

2. Pernahkah Anda, tidur di alam terbuka, selain sedang berkemah? Saya yakin Anda tidur di rumah dengan tempat tidur empuk dan pendingin udara yang sejuk.
Percaya atau tidak, ada 80%* orang di muka bumi ini masih tinggal di rumah yang tidak memenuhi standar, mereka tinggal sedanya di tempat yang seadanya dengan selimut awan dan ditemani rembulan.

3. Pernahkan Anda, memiliki kesulitan menggunakan pakaian? Atau sebaliknya anda mengalami kesulitan memilih pakaian yang akan dipakai karena banyaknya pakaian yang tergantung di dalam lemari pakaian Anda, sehingga hampir setiap kali hendak menggunakan pakaian Anda mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan.
Percaya atau tidak, ada banyak orang-orang di muka bumi ini, yang kita sebut sebagai tuna wisma, hidup di alam terbuka, hanya memiliki sepasang atau paling banyak 2 pasang baju dan celana yang sudah lusuh untuk dipakai. Pada saat hujan turun, mereka tidak memiliki pilihan selain tetap menggunakannya walapun sudah sangat kotor dan berbau.

4. Pernahkah Anda berpikir oh, ternyata masih memiliki cukup uang di dompet
Kadang-kadang kita mengalami kejadian kita pikir masih punya uang di dompet saat ingin membeli sesuatu yang sangat kita inginkan, saat membuka dompet ternyata isinya tidak mencukupi, kartu kredit sudah overlimit dan kartu ATM sisa uang untuk tabungan dan emergency, akhirnya kita kesal, karena tidak jadi membeli barang yang sangat kita inginkan. Saat tidak memiliki kesempatan untuk memiliki barang yang sangat kita inginkan kita kesal. Padahal, kita masih beruntung tidak jadi membeli barang yang kita inginkan tapi masih memiliki uang sebagai simpanan.
Percaya atau tidak, banyak orang-orang yang isi di dompetnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup hari ini saja, sementara untuk kebutuhan esok hari mereka belum tahu akan mendapatkannya dari mana. Ngak percaya? Coba lihat lingkungan di sekitar Anda.

5. Pernahkan Anda sangat ketakutan? Saya yakin pernah. Semua orang pernah hidup sangat ketakutan. Tapi saat ini saya yakin Anda tidak hidup dalam ketakutan, tetapi Anda hidup dalam suasana nyaman dan tenang.
Percaya atau tidak, banyak orang yang hidupnya ketakutan, karena mereka hidup ditengah-tengah suasana perang, atau banyak orang ketakutan karena mereka hidup ditengah-tengah bencana alam yang setiap saat siap memuntahkan amarahnya. Seperti mereka-mereka yang hidup di kaki gunung yang masih aktifAnda dapat membayangkan orang-orang yang hidupnya di tengah peperangan. Setiap hari mereka berpikir apakah mereka masih bisa menikmati hari esok atau tidak.

6. Pernahkah Anda tidak mandi berhari-hari karena tidak ada air bersih? Saya yakin pernah tapi tidak setiap saat. Anda masih bisa mandi dan minum dari air yang bersih.
Percaya atau tidak, atau mungkin Anda pernah melihat orang-orang yang mandi dan mencuci pakaian di pinggiran sungai yang sudah tidak jernih lagi, penuh dengan limbah. Mungkin anda juga pernah membaca berita di media harian atau menonton berita di televisi, orang-orang yang tinggal di daerah pedalaman harus rela berjalan berkilo-kilo meter jauhnya hanya untuk mendapatkan air bersih.

7. Pernahkah Anda sakit dan tidak bisa pergi ke dokter. Anda pasti bisa pergi ke dokter ketika anda mengalami sakit.
Percaya atau tidak, ada sekitar 1%* orang di muka bumi ini sedang dalam keadaan sekarat / hampir meninggal.

8. Pernahkah Anda membayangkan hidup tanpa ada jaringan internet. Saat ini Anda masih bisa berakses ke internet sepanjang waktu, kapan saja dan dimana saja.
Percaya atau tidak, hanya kurang dari 1%* orang di muka bumi ini yang memiliki komputer.

9. Pernahkah Anda membayangkan hidup tanpa bahan bacaan? Saat ini Anda bisa membaca apa saja dan dimana saja dan kapan saja.
Percaya atau tidak, ada sekitar 70%* orang di muka bumi ini belum dapat membaca.

10. Pernahkah Anda membayangkan berjalan ditengah hujan deras menguyur dan membasahi tubuh saat berangkat dan pulang bekerja. Anda pasti duduk manis sambil mendengarkan musik-musik ndah dalam kendaraan Anda.
Percaya atau tidak, hampir 1/3 orang mengalami pergumulan setiap pagi berangkat bekerja, terutama saat musim hujan.

Silahkan menambahkan di urutan ke 11, 12, dan seterusnya, dimana betapa beruntungnya Anda, dan layak disebut salah seorang yang kaya di atas bumi ini.

Merupakan inti dari semuanya, adalah apakah anda bisa bersyukur dengan semua hal yang anda miliki dan dapatkan saat ini. Anda salah seorang yang paling beruntung, karena memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Jangan terlalu melihat ke atas, lihatlah ke bawah, betapa beruntungnya anda memiliki kehidupan yang menyenangkan.
Bersyukur dan bersyukur adalah bentuk kepuasan dan refleksi dari kepuasan dalam hidup.
Seberapa bersyukurkah anda dalam kehidupan anda?
Adakah anda merasakan bersyukur atas kehidupan Anda saat ini?
Ya, saya dan Anda, adalah salah satu dari orang-orang kaya di muka bumi ini. Kaya bukan hanya ditunjukkan dalam bentuk materi dan aset yang berlimpah, tetapi bentuk kepuasan dalam hidup dan menikmati hidup serta mengucap syukur atas segala sesuatu yang kita miliki.