Sikap erat hubungannya dengan perbuatan, perasaan atau pikiran yang menyatakan kecenderungan terhadap pendapat seseorang. Sikap dibentuk oleh dua hal penting, yaitu pikiran dan perasaan. Sikap adalah merupakan pilihan, sahabat terbaik, disisi lain sikap dapat menjadi musuh yang paling bagi tiap orang.

Apakah itu Sikap?
1.Tanpa mengeluarkan sepatah kata tapi sikap nampak jelas pada semua orang. Karena sikap adalah merupakan cermin perasaan batin.
2.Sikap tidak pernah dapat dilihat oleh kasat mata karena berada jauh dalam diri seseorang , tetapi sikap terlihat jelas dari perbuatan. Maka ada yang berpendapat bahwa sikap adalah merupakan "jati diri" seseorang.
3. Sikap memiliki pengaruh sangat besar terhadap lingkungan terutama dalam setiap hubungan
4. Kwalitas sikaplah yang penentu kwalitas dari pada eratnya hubungan
5. Sikap merupakan suatu pilihan. Karena pilihan, setiap orang bebas untuk menentukan sikapnya masing-masing. Berada zi zona sikap positif atau di zona negative bahkan mempunyai keinginan untuk belajar meningkatkan sikap positif juga merupakan suatu keputusan dan pilihan.

Seorang yang memilih untuk membiasakan diri, hidup untuk berpikiran positif, dapat dipastikan memiliki kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baik. Memilih untuk memiliki sikap hidup positif tentunya akan lebih banyak untuk menggunakan waktunya untuk berkreasi daripada bereaksi untuk hal-hal yang tidak perlu. Dengan memilih dan berlatih untuk memiliki sikap positif, kita akan lebih fokus dan berkonsentrasi untuk mencapai tujuan-tujuan positif yang ingin dicapai. Memilih untuk berada di zona sikap positif akan membantu untuk mencapai kebahagiaan dan tujuan yang ingin dicapai.

W.W. Ziege pernah berkata.”Tak akan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, tak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat membantu seorang yang sudah bermental negatif"

Gelar, kedudukan, kekayaan yang melimpah, rumah mewah, deposito jutaan dollar maupun latar belakang keluarga tidak dapat menjamin bahwa seseorang memiliki kehidupan berbahagia. Cara berpikir seseorang yang memiliki sikap positif dapat memancarkan apakah dia memiliki kehidupan bahagia atau tidak.

akibat memilisikap positifYang dilihat adalah bagaimana cara berpikir orang itu. Memang kesuksesan kita lebih banyak dipengaruhi oleh cara kita berpikir.
Seseorang memiliki kehidupan dan keangat jelas dikatakan bahwa semua adalah pilihan Kehidupan dan kebahagiaan seseorang tidaklah bisa diukur dengan ukuran gelar kesarjanaan, kedudukan maupun latar belakang keluarga. Yang dilihat adalah bagaimana cara berpikir orang itu. Memang kesuksesan kita lebih banyak dipengaruhi oleh cara kita berpikir.

“Tempat dan keadaan tidak menjamin kebahagiaan. Kita sendirilah yang harus memutuskan apakah kita ingin bahagia atau tidak. Dan begitu kita mengambil keputusan, maka kebahagiaan itu akan datang", Robert J. Hasting

Memang memilih bersikap positif bukanlah merupakan satu jaminan bagi seseorang untuk mencapai suatu keberhasilan. Paling tidak, memiliki sikap positif, menunjukkan keberadaan satu langkah di jalan menuju keberhasilan. Cepat atau lambat keberhasilan seseorang akan ditentukan oleh apa yang dilakukan dikombinasi dengan sikap untuk mengapai keberhasilan, dan serta rasa puas.

Tips Melatih Diri Agar Memiliki Sikap Positif
1.Kutipan Positif
Cari, dapatkan dan tuliskan kutipan positif. Kutipan positif bisa didapatkan dari buku-buku dan kunjungi website yang memiliki situs berisi kutipan positif, dan sangat banyak sekali hanya tinggal mengetikkan biarkan google mencarikan sesuai dengan keinginan. Tuliskan kutipan positif tersebut di meja kantor, kamar tidur, dapur, dasboard mobil bahkan membagikan pada teman-teman di jejaring sosial seperti facebook, myspace, youtube video dan jaringan pertemanan lain setiap kali kita akan mengupdate status. Tempat terbaik mebempelkan kutipan positif adalah tempat dimana anda lebih banyak berada dan menggunakan waktu anda. Renungkan dan pikirkan "kutipan positif" pilihan anda selama seminggu atau beberapa minggu, dapatkan kutipan positif lainnya untuk minggu berikutnya.

Short Inspirational Quote of the day
- "Think before you act"
- Harry Bullis “Hari ini saya ingin menolong orang sebanyak mungkin”
- Ann Landers: "If you have love in your life, it can make up for a great many things you lack. If you don't have it, no matter what else there is, it's not enough"
- Napoleon Bonaparte mengatakan “Seorang pemimpin yang baik adalah yang bisa membesarkan semangat dan harapan-harapan kepada anak buahnya.”
- Paulus "Lakukan segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut"
- Salomo "Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah dengan sekuat tenaga"
- Salomo "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan"

2. Pilih seseorang yang pernah menyakiti anda
Kemudian coba cari hal-hal positif dalam diri orang yang pernah menyakiti anda, lalu ubah pikiran-pikiran negatif and mengenai orang tersebut kepada hal-hal positif.
Apabila susah untuk mendapatkan usahakan untuk mencarinya sampai dapat. Setiap orang memiliki sikap positive dalam dirinya, hanya tergantung seseorang tersebut mau mengembangkan sikap positive atau tidak.
Sebuah kutipan mengatakan " Sebagai orang beragama, tolong doakan pula orang tersebut dengan hal-hal positif tadi dan mohonlah agar Tuhan menolongnya.

3. Ciptakan Hari Berpikir Positif
Secara teori memang gampang, tetapi seperti sudah saya katakan sebelumnya sikap positif adalah suatu pilihan. Apabila kita menjatuhkan pilihan, tentunya kita akan bertanggung jawab untuk mencoba dan mencoba, walau terkadang sulit. Kemauan adalah kunci utama yang dapat dilatih, dan usaha untuk mencapai keinginan serta mewujudkan impian memiliki pola pikir positif. Walau sulit apabila dilakukan dengan usaha, kemauan dan pantang menyerah pasti bisa. Cobalah untuk menciptakan satu hari dalam seminggu, dimana satu hari penuh hanya untuk memikirkan, berbuat dan berlaku positif. Kemudian selanjutnya setiap 6 hari sekali dan selanjutnya, setiap hari....
Apabila timbul halangan jangan menyerah "coba dan coba lagi", "kamu pasti bisa" dan katakan pada diri anda "saya mau dan harus memiliki cara berpikir positif"

4.Mulailah Dari Lingkungan Terkecil
Lingkungan terkecil adalah keluarga, dimana ada pasangan kita, anak-anak dan orang-orang yang berada tinggal dengan kita. Berlatihlah terlebih dahulu untuk berbuat dan melakukan hal positif dengan tulus, dimuali dari lingkungan terkecil. Keluarga adalah merupakan arena latihan untuk menciptakan pola pikir positive. Carilah selalu nilai-nilai positif dari pasangan, anak-anak dan orang-orang yang tinggal bersama anda. Setelah berlatih, maka lingkungan seperti tetangga, kantor atau tempat perkumpulan lain adalah tempat dimana sikap positive yang dapat anda ekspresikan bagi orang lain.
Belajar untuk melakukan suatu kebaikan kepada orang lain yang tidak kita kenal, hal simple seperti memberikan senyuman pada penjaga pintu tol, memberikan uang kepada penyapu jalan (SOR) atau pengangkat sampah atau memberikan uang lebih kepada tukang parkir. Hal-hal positive bisa dikembangkan mulai dari hal terkecil. Yang penting adalah kemauan untuk memiliki sikap positve

"Jangan pernah biarkan pikiran negative memasuki pikiran, karena berpikir negative adalah bagaikan parasit yang akan menggerogoti kehidupan"
"Think positive and act positive"

Jakarta, 5 Oktober 2009