Hidup di dunia yang penuh dengan tehnologi yang sangat maju, dimana setiap orang dapat saling berinteraksi hanya melalui sebuah layar,baik itu layar monitor komputer ataupun layar telepon selular. Menyebabkan semakin banyak orang melakukan hal yang tidak dapat dipercaya, walau dalam dunia maya seakan terjadi interaksi yang sangat akrab. Apakah hanya alat tehnologi canggih yang sangat dibutuhkan oleh semua penduduk dunia pada saat ini? Tidak. Tehnologi canggih bukanlah yang paling dibutuhkan oleh dunia dalam berinteraksi pada saat ini. Tetapi, keperluan dunia yang terbesar adalah kebutuhan akan manusia-manusia yang tidak dapat di perjual belikan, manusia yang dalam jiwa raganya setia dan jujur, manusia yang tidak gentar menyebut dosa itu dosa, manusia yang angan-angan hatinya setia pada tugas seperti jarum kompas tetap menunjukkan kutub, tetap kutub, manusia yang akan berdiri demi kebenaran walaupun langit runtuh saat ini.

Beberapa komponen kesetiaan;
1. Dapat dipercaya
Seseorang yang dapat dipercaya adalah orang yang dapat memegang rahasia dan tidak membocorkan rahasia orang kepada orang lain. Menjadi seorang yang dapat dipercaya adalah melalui serangkaian, peristiwa yang tidak mengecewakan. Seseorang tidaklah dapat dipercaya, apabila dia mengecewakan orang lain.
Salah satu ciri orang yang dapat dipercaya adalah orang dapat menaruh harap kepadanya.
Kapan terakhir kali seseorang mengecewakan anda?
Bagaimana perasaan anda saat disakiti?
Bagaimana karakter anda seandainya anda tak dapat dipercaya?

2. Kejujuran
Kejujuran adalah bahan utama untuk membentuk karakter yang kuat dan harus ada dan berperan setiap hari didalam kehidupan. Kejujuran adalah merupakan kunci kesuksesan. Tidak ada orang yang tidak jujur dapat mencapai tangga kesuksesan secara permanen. Segala hal yang didapatkan tanpa kejujuran, adalah tidak abadi atau kekal. Tetapi apabila sesuatu hal di dapat dengan penuh kejujuran, maka akan dapat bertahan abadi. Kejujuran, mencakup berbagai aspek dalam kehidupan, dan memiliki dampak yang luar biasa bagi masa depan, pekerjaan, rumah tangga ataupun hubungan antar sesama.

3. Integritas
Integritas adalah kode kehormatan. Seseorang yang memiliki integritas, pasti memiliki nilai-nilai dan keyakinan yang dihidupkan. Intergritas adalah salah satu bahan pembentuk karakter. Memiliki integritas tinggi, menjadikan seseorang menjadi seseorang yang tak dapat diperjual belikan, walau dalam situasi sulit sekalipun. Integritas yang tinggi, dapat ditunjukkan dengan mengatakan salah itu salah, benar itu benar, walau akan berhadapan dengan dampak yang kurang memuaskan. Seseorang yang memiliki integritas tinggi dapat ditunjukkan dengan tidak ada kegentaran dalam dirinya, walau dia hanya berjalan seorang diri. Tidak mudah terikut-ikut dengan suara terbanyak. Tetapi tetap teguh berdiri seperti sebuah menara di tengah-tengah lautan, dimana ombak besar bergelora setiap saat.

4.Loyalitas
Loyalitas adalah kesetiaan, berarti siap melakukan sesuatu dengan sepenuh hati, atau tulus.
Sangat dibutuhkan loyalitas, sekalipun disaat-saat sukar. Loyalitas tidak termasuk melakukan sesuatu yang salah demi seseorang. Loyalitas, mau melakukan sesuatu bagi seseorang dengan tanpa ada sesuatu di balik perbuatannya.
"Barangsiapa setia dalam perkara kecil maka ia juga dapat dipercaya dalam perkara besar"