Memahami bahwa kegagalan adalah fakta kehidupan yang tidak mungkin dihindari. Apabila anda takut gagal perlahan anda akan kehilangan harapan dan semakin sukar untuk merasakan kebahagiaan. Kita harus memiliki keyakinan untuk sukses, walaupun pada kenyataan kita berhadapan dengan suatu kegagalan ataupun masalah. Sangat diperlukan keyakinan bahwa kegagalan adalah sebuah proses panjang menuju keberhasilan, tanpa adanya keragu-raguan. Seseorang yang memiliki keyakinan berarti seseorang yang tidak memiliki keragu-raguan, dengan kata lain seseorang memiliki kepastian bahwa Tuhan akan memberikan kemampuan padanya untuk meraih apa yang diinginkannya.

Ternyata kepercayaan dan cara berpikir positive merupakan kunci yang berkaitan dengan cara kerja keras, penentuan diri dan penentuan target.

Untuk meningkatkan semangat harus dengan jelas dirumuskan tujuan pasti yang ingin dicapai, sehingga segala usaha akan lebih terarah, kepastian untuk meraih tujuan akan berkobar menyala dengan semangat pantang menyerah ditambah dengan antusiasme yang akan tetap bertahan dalam setiap situasi sulit sekalipun. Orang-orang yang memiliki prestasi tinggi adalah orang-orang yang tidak akan pernah menyerah, walaupun harus menempuh jalan yang sukar. Keinginan untuk meraih cita2 atau tujuan yang sudah ditetapkan akan bekerja apabila memiliki tekad tidak akan pernah menyerah ditambah semangat hidup merupakan kecerdasan cara berpikir positif untuk mendapatkan hasil yang gemilang.

Semangat juang merupakan salah satu kunci untuk mendapat hasil yang gemilang, dalam mencapai target yang sudah ditetapkan, secara keseluruhan semangat juang terdiri dari:

1.Kebulatan Tekad
2.Pengabdian
3.Disiplin
4.Sikap

Sikap merupakan faktor penting pertama, bahkan jauh lebih penting dari ketiga faktor lainnya, karena sikap berkaitan dengan cara seseorang berpikir dan percaya. Sebelum seseorang memiliki kebulatan tekad, pengabdian dan disiplin, pertama-tama ia harus mempunyai keterlibatan mental dan rohani terhadap satu tujuan. Dan harus terus menerus berpikir secara positif tentang tujuan yang sudah ditetapkan. Berpikirlah positif untuk mencapai target.